oleh

Soal Stiker Pasangan Bakal Calon yang Nempel di Tandon Air, Ini Kata Ketua Bawaslu

-Politik-63 views

LUWU UTARA – Sekaitan dengan adanya stiker pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara yang menempel di instalasi penampungan air tempat cuci tangan di pintu belakang pasar sentral Masamba, pihak Bawaslu Luwu Utara akan menelusiri kejadian tersebut dan akan melakulan pencopotan stiker.

Demikian diungkapkan ketua Bawaslu Luwu Utara, Muhajir, Senin (20/04/2020).

Muhajir menyampaikan, bahwa pemasangan stiker atau alat peraga kampanye tidak boleh dilakukan di ruang publik yang berkaitan dengan pemerintahan. Apalagi dapat menguntungkan atau merugikan salah satu pihak calon.

“Itu sesuai dengan Pasal 71 UU Pilkada tahun 2016,” terangnya.

Muhajir menambahkan, sebelumnya, pihak bawaslu juga telah memberikan surat imbauan ke beberpa pejabat publik yang ada di Luwu Utara.

“Semestinya ditengah pandemi ini, masyarakat dan pemerintah bahu-membahu memberikan edulasi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Sementara itu, Demisioner Sekertaris Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komosariat I La Galigo Cabang Palopo, Dedi Arianto, sangat menyayangkan adanya hal seperti itu ditengah wabah pandemi Covid-19 ini.

Dedi Arianto yang juga merupakan salah satu pemuda Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, mengungkapkan sebagaimana diketahui bahwa fasilitas untuk cuci tangan yang di programkan oleh PDAM itu justru malah dimanfaatkan oleh salah satu relawan Bakal calon sebagai wadah sosialisasi, dengan cara menempeli stiker.

“Harusnya, ditengah pendemi ini, relawan menyampaikan pengetahuan atau seperti stiker edukasi tentang pencegahan penyebaran virus corona. Bukan malah memanfaatkan fasilitas itu dengan menempeli stiker Bakal Calon,” ungkap Dedi, Senin (20/04/2020).

Dedi juga meminta agar Bawaslu Luwu Utara melakukan monitoring kejadian-kejadian serupa. “Bawaslu perlu memonitoring, agar dapat diantisipasi gerakan-gerakan tambahan dimasa pandemi ini,” tegasnya.

Untuk diketahui, instalasi tandon air untuk tempat cuci tangan yang berada di pintu belakang pasar sentral Masamba, itu terdapat stiker salah satu Balon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara, Muh.Thahar Rum – Rahmat Laguni.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari pihak Balon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Utara, Muh.Thahar Rum – Rahmat Laguni. (*)

Komentar

News Feed