oleh

IPM Lutim Tertinggi di Sulsel

MALILI – Badan Pusat Statistik (BPS) secara resmi merilis data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2018-2019, Rabu (2/9/2020).
 
Secara khusus, IPM Kabupaten Luwu Timur berada diangka 72,80 persen atau tingkat pertama dari 21 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan.
 
Peringkat ini selisih tipis lebih tinggi 0,14 persen dari Kabupaten Enrekang yang berada di peringkat Ke-2 dengan capaian 72,66 persen.
 
Kepala Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Luwu Timur, Drs H Budiman Hakim MPd menyebutkan, diera kepemimpinan Bupati-Wakil Bupati Thorig Husler-Irwan Bahcri Syam ini Kabupaten Luwu Timur berhasil mengungguli IPM 21 Kabupaten/Kota se Sulsel.
 
Hal itu diklaim merupakan bukti atas pencapaian visi misi Luwu Timur Terkemuka.
 
“Alhamdulillah tahun ini, IPM kita peringkat pertama Kabupaten se Sulsel sehingga pencapaian visi misi Lutim Terkemuka telah berhasil dan kini angka IPM kita telah dititik 72,80 persen. Kita juga ungguli Kabupaten Enrekang berdasarkan data resmi BPS tahun 2019,” ungkap Budiman.
 
Lebih jauh disebutkannya, penentuan IPM berdasarkan beberapa indikator. Salah satunya kinerja pemerintahan.
 
“Diantaranya pendidikan meningkat, kesehatan meningkat dan daya beli masyarakat tinggi”, beber Budiman.
 
Sementara Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler mengaku gembira dengan membaiknya IPM di Bumi Batara Guru ini.
 
“Alhamdulillah, semua berkat kerja keras dari seluruh SKPD yang menginginkan Luwu Timur menjadi Kabupaten yang terkemuka. Tentunya hal ini sangat membanggakan kita semua,” imbuh orang pertama di Kabupaten Luwu Timur ini. (azk)

Komentar

News Feed