oleh

Cara Atasi Masalah Hama Kutu Beras Paling Efektif

-Kesehatan-18 views

Masalah kutu beras tentu sangat mengganggu, apalagi masalah kutu di gudang penyimpanan pasca panen. Kutu beras memiliki kemampuan berkembang biak yang tinggi dan masa hidup yang cukup lama, serangga ini mampu menimbulkan banyak kerusakan pada komoditas yang diserangnya, mulai dari kehilangan aroma alami sampai menurunnya kadar nutrisi dan kualitas. Oleh karena itulah kutu beras perlu dikendalikan misalnya dengan menggunakan obat kutu beras.

Namun, perlu ketahui bahwa obat kutu beras yang digunakan harus mampu mengendalikan hama gudang serta harus memenuhi standar keamanan pangan dan tidak meninggalkan residu. Salah satu bahan kimia yang memenuhi kriteria tersebut adalah fosfin, yaitu gas yang terbentuk dari reaksi alumunium fosfida atau magnesium fosfida dengan uap air.

Aplikasikan pada gudang penyimpanan komoditas atau saat perpindahan dengan container menggunakan fumigan fosfin cair FUMILIKUID® yang sudah diuji efikasi oleh SEAMEO BIOTROP terbukti cepat dan ringkas membasmi hama gudang.

Fumilikud juga dapat membasmi hama kutu resisten yang merupakan hama kutu yang timbul karena sering menggunakan obat fumigasi tablet yang memiliki kualitas buruk atau murahan, sehingga hama kutu menjadi kebal dalam jangka waktu lama.

Selain kelebihan mutlaknya yang dapat membasmi tuntas hama kutu resisten, fumilikuid juga mempunyai kandungan bahan aktif karbondioksida (CO2) sehingga dapat menjaga kesegaran kualitas komoditi pangan seperti beras, jagung, tembakau, biji kopi, pala dan lainnya selama penyimpanan pasca panen.

Dalam hal pemakaian atau pengaplikasian fumilikuid juga termasuk sangat mudah. Cukup dengan meletakkan tabung di atas timbangan, dan buka keran tabung, maka akan dapat dengan mudah melakukan gassing atau pelepasan gas dan mengatur dosis. Untuk cara pemakaian detailnya juga bisa didapat di kanal Youtube dengan kata kunci “fumigasi cepat di truk dengan fumilikuid”.

Disamping itu, yang harus diketahui adalah fumigan merupakan bahan kimia beracun yang tidak hanya mematikan hama, namun juga dapat bersifat racun bagi manusia, sehingga diperlukan teknik khusus dalam fumigasi. Teknik fumigasi yang tepat dapat meningkatkan keefektifan fumigan terhadap hama, serta meminimalisir toksisitas fumigan pada komoditas. Oleh sebab itu, cara pengendalian hama terbaik menggunakan Fumilikuid 2 GA perlu dilakukan oleh tenaga ahli khusus fumigasi.

Namun, selain efektivitasnya yang tinggi, fumilikuid juga diklaim tidak meninggalkan residu pada produk yang difumigasi, sehingga komoditas yang difumigasi tetap aman untuk dikonsumsi.

Untuk segala informasi seputar Obat Fumigasi untuk komoditas pangan maupun pakan ternak, dapat menghubungi di kontak WhatsApp 0853 1320 0188 atau juga dapat mengunjungi website obatfumigasi.com dan website pancaprimawijaya.com, yang telah lama fokus bergerak dibidang fumigasi, baik untuk penyediaan obat fumigan, maupun tenaga ahli untuk membantu proses fumigasi baik untuk komoditas pangan maupun pakan ternak. (dirman)

Komentar

News Feed